2010-03-20

Pompa Tali Ringan Juga untuk Anak-anak



Teman-teman sekalian, dalam pertemuan petani di Garut tentang tata produksi baru-baru ini kami mendengar kabar dari kang Dedi Wiharja dari desa Pasawahan, Banjarsari, Ciamis bahwa ternyata di desanya dapat dibuat sumur gali. Dia sendiri ternyata juga sudah memiliki sumur gali dengan diameter lubang mendekati satu meter.

Wah ini kabar baru yang menarik. Mengapa? Karena selama ini di sekolah kami belum ada sumur gali sehingga pada musim kemarau kami kesulitan mendapatkan air.

Lebih menarik lagi adalah bahwa kang Dedi mengatakan sumurnya itu tetap mengandung air di dasar selama musim kering.

Ini kesempatan baru agar nanti kami dapat mengelola budidaya tanaman selama musim kering.

Kang Dedi sendiri begitu antusias ketika mencari tahu tentang cara-cara membuat pompa tali yang sangat meringan beban menaikkan air. Karena selama ini air sumur hanya untuk keperluan rumah tangga. Dan cara menaikkan airnya pun masih dengan cara tradisional dengan menggunakan kèrèkan dengan tali bekas ban mobil ..

Kebetulan teman kami dari Yogyakarta sudah berhasil membuat pompa tali dengan bahan-bahan setempat. Kalau rusak bisa diperbaiki sendiri. Sangat efisien karena sembari memutar roda, air sumur terus mengalir. Ringan diputar, juga untuk anak-anak.

Siapa mau mencoba ...

1 komentar:

Saung Tani mengatakan...

Inovasi yang sungguh-sungguh sangat berguna. Teknologi tepat guna yang murah dan mudah diaplikasikan. Perlu disosialisasikan ke tengah-tengah masyarakat kita.