2009-09-06

Bantuan mohon disampaikan pada Kang Kunkun, kecamatan Langkaplancar, Ciamis - HP: 0813-2394 5610

Dampak dari gempa bumi di Jawa Barat mengakibatkan banyak keluarga petani tidak bisa tinggal lagi di rumah. Banyak rumah rubuh, nyaris rubuh, setengah rubuh, dan akbiatnya tak bisa ditinggali lagi. Pokoknya jadi berbahaya. Mereka tinggal di luar dan membutuhkan dukungan teman-teman sekalian. Mereka terutama membutuhkan barang-barang pendukung seperti tenda, bahan makanan dan obat-obatan.

Siapa yang membantu? Kami tunggu uluran tangan teman-teman sekalian. Ini urgen sekali.

Dalam keadaan darurat ini, salah satu yang siap menerima bantuan adalah Kang Kunkun Herawanto dari kecamatan Langkaplancar, Ciamis. Mohon disampaikan kepadanya dengan menghubunginya di nomer handphone ini: 0813-2394 5610.

Kecamatan Langkaplancar terdiri dari lebih dari 10 desa. Berdasarkan pendataan dan pengamatan yang dilakukan Kang Kunkun, terdapat empat desa yang paling parah menanggung kerusakan akibat gempa. Sejumlah 156 rumah (tangga) dikategorikannya sebagai rusak total atau rusak berat, sehingga sungguh-sungguh para penghuni semula tak bisa lagi tinggal di rumah yang rusak itu. Mereka tinggal di luar. Jumlah jiwa yang terkena dampak ini mencapai 1.000 orang lebih, baru khusus untuk kecamatan ini.

Empat desa itu adalah desa Karangkamiri, desa Cimanggu, desa Jadikarya dan desa Bojong, semuanya di kecamatan Langkaplancar.

Masih kita tunggu kabar dari kecamatan-kecamatan lain yang belum selesai mendata dampak gempa, seperti dari Jadimulya, Sukamulya, Bangunkarya.

Di antara para korban gempa itu ada yang sudah membuat saung kecil-kecilan, sekedar untuk berteduh. Belakangan hari ini, hujan turun juga di kawasan Ciamis selatan. Akibatnya mereka kerepotan jika hanya berteduh di bawah saung yang tak memadai. Karenanya mereka membutuhkan tenda.

Sementara itu tenda-tenda yang biasanya disewakan sudah tak tersedia lagi. Habis terpakai. Karenanya, mereka membutuhkan tenda-tenda darurat itu.

Karena mereka akan harus tinggal tidak sebentar sebelum akhirnya mereka bisa kembali ke rumah (yang nantinya sudah diperbaiki), maka mereka sesungguhnya perlu jaminan kesehatan. Tambahan bahan makanan merupakan bentuk bantuan yang sangat dibutuhkan, kecuali tentu saja obat-obatan.

Sekali lagi mohon bantuan teman-teman sekalian.

0 komentar: