2009-01-31

‘Pemanasan’ awal: Asosiasi Petani Kapulaga Ciamis

Para petani kapulaga Ciamis semakin mengukuhkan persatuan. Dengan membentuk koperasi, mereka siap menanam dan mengurus ketersediaan hasil bumi ini. Targetnya sampai satu tahun yang akan datang 50 ton per bulan kapulaga basah. Mudah-mudahan.

Perwakilan dari sebelas kecamatan di wilayah kabupaten Ciamis wilayah selatan bertemu dan telah mengukuhkan pembentukan Asosiasi Petani Kapulaga Ciamis. Kepengurusan telah dibentuk. Diketuai oleh Kunkun Herawanto dari kecamatan Langkaplancar.

Pertemuan petani kapulaga itu dilakukan di restoran Murasaki, Pangandaran, pada tanggal 27 Januari 2009. Total hadir sekitar sejumlah 70-an orang petani. Hadir pula perwakilan dari pemerintah daerah.

Masing-masing petani dari perwakilan tingkat kecamatan di situ bersepakat untuk membentuk suatu fungsi kesekretariatan sebagai kontak penghubung, baik untuk keperluan komunikasi, informasi dan koordinasi produksi, terutama tentunya untuk pengumpulan hasil bumi kapulaga.

Jika hasil-hasil awal telah lebih berbentuk, para petani itu juga mengancangkan akan segera mempertimbangkan suatu acara publik berupa deklarasi resmi dari asosiasi mereka. Kapan? Kita tunggu tanggal mainnya.

Kecamatan apa saja yang telah memberikan dukungan sebagai suaatu bentuk pemanasan awal ini? Kesebelas kecamatan itu masih berdekatan satu sama lain di wilayah bagian selatan kabupaten Ciamis, yaitu, Banjarsari, Cijulang, Cigugur, Cimerak, Kalipucang, Langkaplancar, Mangunjaya, Pamarican, Pangandaran, Parigi, Sidamulih.

1 komentar:

agus baroya mengatakan...

tlg kontak person asosiasi dan no hp nya kalau2 kami jadi nanam kapulaga di sukabumi thanks agus 081320025378